Saturday, October 16, 2010

[tips] Agar Permohonan Pinjaman Lebih Mudah Disetujui

Dalam sebuah moment atau kesempatan mungkin kita membutuhkan yang namanya loan / pinjaman. Hampir setiap bank yang ada memiliki layanan pinjaman. Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk mempermudah aplikasi pinjaman anda disetujui. Memang ini bukan jaminan, tpi seharusnya hal ini mempermudah dan memberikan faktor positif terhadap approval aplikasi anda. Mau tau apa saja ?


  1. Jangan Pernah Menunggak. Bank-bank memiliki sistem pengecekan secara terintegrasi. Artinya jika anda menunggak di bank A maka bank B akan mengetahuinya. dan itu adalah sebuah nilai negatif untuk penilaian aplikasi anda. Saat ini bahkan lembaga multifinance juga sudah diwajibkan untuk melaporkan status pinjaman debiturnya kepada Bank Indonesia sehingga informasi tersebut dapat digunakan untuk media checking secara terintegrasi. 
  2. Biasakan bertransaksi melalui perbankan (non cash). Apa hubungannya ya ? Mutasi rekening adalah salah satu dokumen yang diminta oleh bank saat anda mengajukan permohonan pinjaman. Mutasi tersebut merupakan salah satu bahan analisa oleh bank untuk mengetahui arus kas anda. Jika anda bertransaksi secara manual / cash, maka bank akan agak kesulitan untuk melakukan analisanya. Memang dalam kenyataannya transaksi cash juga dapat dilakukan analisa. namun based on my experience, cerminan mutasi rekening adalah hal yang sangat positif.
  3. Siapkan bukti penghasilan anda. Terutama jika anda wirausaha. maka ada baiknya anda selalu menyimpan nota-nota pembelian dan penjualan anda. nota tersebut selain memang berguna untuk administrasi anda juga merupakan media untuk meyakinkan bank dalam menyetujui pinjaman anda. Dan masih terkait dengan ini, jalinlah relasi kepada konsumen ataupun distributor anda. Bank biasa melakukan community checking kepada partner bisnis anda. jika sampai ada negative info dari partner anda, kemungkinan disetujuinya aplikasi anda akan semakin kecil.
  4. Be Cooperative. Dalam artian administrative dan juga sikap. Siapkan kelengkapan data administratif spt data pribadi anda, ijin usaha dsb secara lengkap. Hal ini akan paling tidak mempercepat proses pengajuan pinjaman anda. Kooperatif secara sikap adalah terbuka terhadap pertanyaan-pertanyaan (terkait usaha dan anda) oleh pihak bank. Bank yang baik akan selalu menjaga rahasia nasabah / debiturnya.
  5. Pelihara track record baik anda. Begitu anda sudah disetujui sekali oleh bank, maka pelihara track record pembayaran agar tidak cacat (baca : macet / menunggak). bank memiliki kecenderungan memberikan kemudahan kepada existing debitur yang lancar / baik payment record nya. jadi jangan cederai janji anda.
sementara demikian tips yang dapat saya bagi.

1 comment:

adi.m said...

wah nais inpo nih gan (kaskus mode)
bisa dicoba, kalau nanti mau minjam uang :D